Home

Hiperkes

Balai Hiperkes

Balai Higiene Perusahaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Balai Hiperperkes dan KK) merupakan suatu Unit Pelaksana Teknis Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DKI Jakarta berdasarkan Keputusan Gubernur Propinsi DKI Jakarta No. 160 tahun 2002 pada tanggal 8 November 2002 tentang pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DKI Jakarta. Keberadaan Balai Hiperkes dan KK Disnakertrans Propivinsi DKI Jakarta sangat dibutuhkan sebagai unit yang menangani perlindungan tenaga kerja terhadap kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja maupun lingkungan kerja.

Visi dan Misi

Untuk menunjang misi Disnakertrans Propinsi DKI Jakarta, yaitu mendorong kesadaran tentang Higiene dan K3 di perusahaan, maka Balai Hiperkes dan KK menetapkan :

Visi

Terwujudnya tenaga kerja yang sehat dan produktif dalam lingkungan kerja yang sehat, aman dan nyaman pada tahun 2010.

Misi

   1. Penyusunan Standard Nasional di bidang Hiperkes dan KK berdasarkan hasil penelitian, pengkajian, pengujian, dan perekayasaan serta pelatihan Hiperkes dan KK
   2. Membantu upaya peningkatan produktivitas perusahaan melalui pendekatan Hiperkes dan KK
   3. Meningkatkan derajat kesehatan tenaga kerja melalui penerapan Hiperkes dan KK
   4. Membangun jaringan informasi tentang Hiperkes dan KK yang bermanfaat dalam rangka penyusunan kebijakan daerah dalam upaya perlindungan tenaga kerja.

 

Kedudukan


   1. Balai Hiperkes dan KK merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi di bidang pelatihan dan pengujian higiene perusahaan, kesehatan dan keselamatan kerja
   2. Balai Hiperkes dan KK dipimpin oleh seorang Kepala Balai yang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya bertanggung jawab kepada Kepala Dinas

 

Tugas

Balai Hiperkes dan KK mempunyai tugas melaksanakan pelatihan dan pengujian di bidang higiene perusahaan, ergonomic, kesehatan dan kesselamatan kerja dengan menggunakan fasilitas laboratorium

 

Fungsi

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Balai Hiperkes dan KK mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana pelatihan dan pengujian hiperkes dan keselamatan kerja
  2. Pelatihan, pemberian layanan konsultasi dan bantuan teknis dibidang higiene perusahaan, ergonomic, kesehatan dan keselamatan kerja
  3. Penyelidikan dan pengujian dibidang higiene perusahaan, ergonomic, kesehatan dan keselamatan kerja
  4. Pengelolaan fasilitas tempat dan peralatan pelatihan dan pengujian hiperkes dan keselamatan kerja
  5. Penyelenggaraan kegiatan ketatausahaan

 

Organisasi


Balai Hiperkes dan KK terdiri atas :
   1. Kepala balai
   2. Subbagian Tata Usaha
   3. Seksi Pengembangan Tenaga Hiperkes dan Keselamatan Kerja
   4. Seksi Analisis Hiperkes dan Keselamatan Kerja
   5. SubKelompok Jabatan fungsional

 

Kepala Balai

    * Memimpin pelaksanaan tugas dan fungsi Balai Hiperkes dan KK
    * Memimpin dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan Subbagian Seksi dan Subkelompok Jabatan Fungsional

 

Subbagian Tata Usaha

    * Menghimpun, meneliti, mengolah dan menyusun program kegiatan
    * Melaksanakan kegiatan pengelolaan surat menyurat dan kearsipan
    * Melaksanakan kegiatan administrasi kepegawaian
    * Melaksanakan pengelolaan keuangan
    * Mengurus kebutuhan perlengkapan kantor
    * Menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan lingkungan serta melaksanakan urusan kerumahtanggaan
    * Mengkoordinasikan evaluasi dan penyusunan laporan kegiatan operasional

 

Seksi Pengembangan Tenaga Hiperkes dan Keselamatan Kerja

    * Menyusun rencana, jadwal dan pengaturan pelaksanaan pelatihan, orientasi hiperkes dan keselamatan kerja
    * Melaksanakan pelatihan termasuk menyiapkan bahan, sarana, kurikulum, instruktur, peserta pelatihan, dokumen dan sertifkasi pelatihan
    * Memberikan layanan konsultasi dan bantuan teknis di bidang higiene perusahaan, ergonomic, kesehatan dan keselamatan kerja kepada perusahaan
    * Melakukan usaha - usaha pengembangan tenaga hiperkes dan keselamatan kerja melalui seminar, penyuluhan, kerjasama dengan instansi / badan / lambaga, dan program akademik
    * Mendayagunakan dan mengembangkan fasilitas laboratorium
    * Melakukan evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan analisis hiperkes dan keselamatan kerja

 

Seksi Analisis Hiperkes dan Keselamatan Kerja

    * Menyusun rencana dan program analisis hiperkes dan keselamatan kerja
    * Melakukan penyelidikan serta pengkajian dibidang hygiene dan keselamatan kerja
    * Melakukan pegelolaan fasilitas tempat dan peralatan pelatihan dan pengujian hiperkes dan keselamatan kerja
    * Melakukan evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan analisis hiperkes dan keselamatan kerja 

Subbag Tata Usaha

Dipimpin oleh seorang Kepala Sub bagian dan tiap seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Kepala Balai.

{mosimage} 

 

Mekanisme Pelaksanaan Pengujian Lingkungan Kerja dan Kesehatan Kerja


Jenis pengujian yang diselenggarakan :

   A. Pengujian Lingkungan Kerja

      Lingkup pengujian Laboratorium pengujian Hiperkes dan Keselamatan Kerja adalah
         1. Faktor Fisika :
  • Pengujian kebisingan
  • Pengujian intensitas cahaya
  • Pengujian tekanan panas
  • Pengujian tekanan dingin
  • Pengujian getaran
  • Pengujian sinar ultra violet
  • Pengujian gelombang elektromagnetik.
{mosimage}

         2. Faktor Kimia :
  • Pengujian kadar debu
  • Pengujian gas
  • Pengujian uap
  • Pengujian asap
  • Pengujian logam-logam berat
  • Pengujian asbestos
  • Pengujian emisi cerobong

{mosimage}
            Mekanisme Pelaksanaan Pengujian Lingkungan Kerja adalah sebagai berikut:

                   1. Permohonan/permintaan dari perusahaan/customer
                   2. Melakukan survey ke lapangan/perusahaan, untuk mengetahui parameter yang diuji
                   3. Melakukan pengukuran dan pengambilan sample yang disepakati
                         a. Menandatangani SPK
                         b. Memasang peralatan sampling
                         c. Mengambil Contoh uji secara Grab sampling/sesaat, 24 jam diluar produksi ataupun 1 shift (8 jam) sesuai dengan kebutuhannya
                         d. Memonitor perkembangan lingkungan yang berkaitan dengan suhu dan tekanan udara
               4. Melakukan analisa sampel di laboratorium. Membuat laparan evaluasi dari hasil pengukuran dan pengambilan sampel (LHU)



   B. Pengujian Kesehatan Kerja

{mosimage}
      Lingkup pengujian Kesehatan Kerja adalah :
  1. Pengujian kesehatan umum tenaga kerja
  2. Pengujian fungsi paru (spirometri)
  3. Pengujian fungsi pendengaran (audiometri)
  4. Pengujian gizi kerja
  5. Pengujian ketahanan fisik
  6. Pengujian bahan kimia berbahaya dalam darah/urin
  7. Pengujian Hb tenaga kerja

      Mekanisme Pelaksanaan Pengujian Kesehatan Kerja adalah sebagai berikut:
         1. Permohonan/permintaan dari perusahaan/customer
         2. Melakukan survey ke lapangan/perusahaan, untuk mengetahui :
                * Tenaga Kerja yang perlu diperiksa
                * Parameter yang diuji
         3. Melakukan pengambilan sample dan pengujian yang disepakati :
                * Pengujian Langsung dan pengambilan sampel
                * Menandatangani bukti pelaksanaan pengujian
         4. Melakukan analisa sampel di laboratorium
         5. Membuat laporan evaluasi dari hasil pengujian
 

  C. Penyelesaian Laporan Pengujian Lingkungan Kerja dan Kesehatan Kerja

      Penyelesaian Iaporan pengujian berdasarkan parameter yang diuji diselesaikan dalam waktu 1 bulan dari pelaksanan. Penyelesaian laporan pengujian kesehatan kerja diselesaikan dalam waktu 2 minggu s/d 1 bulan. Adapun tahap penyelesaian laporan pengujian adalah sebagai berikut:
         1. Membuat laporan hasil uji rangkap 2 (dua), yang didistribusikan kepada:
                * Perusahaan
                * Dokumen Balai Hiperkes dan KK, apabila ada complain dari klien
         2. Pelaksanaan pengiriman LHU ke perusahaan
                * Menggunakan Titipan Kilat
                * Menggunakan kurir/petugas

{mosimage} 

Alamat

Jl. Jend. A. Yani No.69/70, Cempaka Putih,

Jakarta Pusat

Telp. (021)4240284